• Tuesday 16 June 2015

    10 FAKTA DAN MITOS SEPUTAR RAMADHAN

    MITOS DAN FAKTA SEPUTAR RAMADHAN YANG PERLU UMAT ISLAM KETAHUI

    Ada banyak hal yang berkaitan dengan ramadhan yang sebagian umat Islam salah dalam memahaminya karena keterbatasan ilmu, namun telah menjadi budaya yang difahami berbeda dari perintah atau larangan yang sebenarnya

    1. Mandi ketika berpuasa adalah makruh, mitos atau fakta ?

    Jawabannya Mitos
    Tidak benar bahwa mandi ketika berpuasa adalah makruh, tidak ada satupun dalil yang menguatkan hal tersebut, bahkan mandi ketika berpuasa adalah harus. Rasulullah sendiri pernah mencurahkan air ke atas kepala beliau disebabkan dahaga atau panas.

    2. Korek hidung atau telinga membatalkan puasa, mitos atau fakta ?

    Jawabannya Mitos
    Banyak orang yang beranggapan mengorek hidung atau telinga membatalkan puasa. Padahal Tidak ada dalil yang menunjukkan hukum tersebut. Sedangkan yang benar ialah perkara yang membatalkan puasa hanya brkisar antara tiga perkara; makan, minum, dan bersetubuh.

    3. Orang Yang bergembira menyambut ramadhan terbebas dari siksa api neraka, mitos atau fakta ?

    Jawabannya Mitos
    Hadist yang menyatakan "Barang siapa yang merasa senang akan memasuki bulan Ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya masuk ke neraka", hadits ini adalah hadist lemah, bahkan sebagian ulama yang mentakhrij hadist ini mengatakan hadist ini palsu.

    4. Boleh Mencicipi makanan dengan lidah Mitos atau fakta ?

    Jawabannya Fakta
    Mencicipi makan adalah dibolehkan dengan syarat selagi mana tidak sampai memasuki tenggorokan (tekak dan salur makanan).

    5. Membaca Al-qur'an di Bulan Ramadhan diberikan pahala yang lebih banyak dibandingkan di bulan lain, mitos atau fakta ?

    Jawabannya Fakta
    Segala amal baik yang dikerjakan di bulan ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya. Sebuah hadits mengatakan “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi, ia berkata: hadits hasan shahih).

    6. Menggosok gigi ketika sedang berpuasa dapat mengurangi pahala puasa, mitos atau fakta?.

    Jawabannya Mitos
    Tidak mengapa menggosok gigi, bahkan dianjurkan. Lagipula Islam adalah agama yang mementingkan kebersihan, sedangkan gigi yang kuning melambangkan seseorang yang kurang menjaga kebersihan.

    7. Wajib Melafazkan niat ketika hendak berpuasa. Mitos atau fakta ?

    Jawabannya Mitos
    Tidak wajib  melafazkan niat puasa, karena niat itu tempatnya di hati. Sesiapa saja yang terlintas di hatinya bahwa dia akan berpuasa pada bulan Ramadhan, maka itu sudah cukup baginya.

    8. Tidur ketika sedang berpuasa adalah ibadah dan dianjurkan, mitos atau fakta ?

    Jawabannya Mitos
    Memang benar terdapat hadist yang menyebut bahawa tidur orang yang berpuasa adalah ibadat. Namun, tiada satupun daripadanya yang sahih dan dapat dijadikan hujjah, bahkan tidur terus menerus hingga meninggalkan ibadah wajib yang lain dapat membuatnya menjadi haram.

    9.Berenang dapat membatalkan puasa, mitos atau fakta ?

    Jawabannya Mitos
    Berenang bukan termasuk hal-hal yang membatalkan puasa, asalkan selama berenang itu memang dipastikan bahwa tidak air yang terminum, baik sengaja atau pun tidak sengaja. Cuma yang jadi masalah, justru biasanya pada saat berenang, banyak sekali air yang terminum, khususnya buat para pemula yang baru saja belajar berenang. Bahkan boleh jadi lebih banyak minumnya dari pada berenangnya. Maka kalau kasusnya seperti ini, jelas sekali bahwa berenang yang pasti minum air kolam itu membatalkan puasa.

    10. Menangis dapat membatalkan puasa, mitos atau fakta ?

    Jawabannya Mitos
    Demikian juga menangis bukan termasuk hal-hal yang membatalkan puasa. Karena tidak ada prinsip makan atau minum dalam menangis. Yang namanya makan atau minum itu adalah memasukkan benda dari luar ke dalam jauf (rongga tubuh). Sedangkan dalam keadaan menangis, tidak ada benda dari luar yang masuk ke dalam tubuh


    Semoga Bermanfaat ^_^

    Type Your Comment Here

    FACEBOOK: Comments
    BLOGGER: 0 Comments

    No comments:

    Post a Comment

    Copyright © Al-Hakim Entrepreneurship

    Promoted Link: MP3 Nasyid Sponsored By: MP3 Melayu Template By: Habib