• Thursday 18 June 2015

    KEAJAIBAN RAMADHAN YANG JARANG DIKETAHUI UMAT ISLAM

    5 KEAJAIBAN RAMADHAN YANG JARANG DIKETAHUI UMAT ISLAM

     

    Walaupun kita telah melewati berpuluh-puluh kali ramadhan, ternyata masih banyak keajaiban Ramadhan yang belum kita ketahui, yang ternyata jika digali lebih dalam, akan memberikan dampak yang luar biasa dalam kehidupan kita. Apa saja keajaiban-keajaiban Ramadhan yang jarang diketahui umat Islam??

    1. RAMADHAN DAPAT MENGURANGI KEMISKINAN

    Melalui Optimalisasi Zakat Fitrah setiap Tahunnya ditambah dengan Zakat Harta, sebenarnya Indonesia dapet terbebas dari kemiskinan hanya  dalam tempo 5 Tahun, karena ternyata Indonesia memiliki potensi zakat terbesar di dunia. 
    Berdasarkan hasil penelitian IPB yang bekerjasama dengan BAZNAS, diketahui Indonesia memiliki potensi 217 triliun dari hasil pengumpulan zakat setiap tahunnya. Hasil riset ini tentu mencengangkan, namun sayangnya hingga hari ini Total Zakat Yang berhasil Dikumpulkan Oleh Baznas tidak lebih dari 10 Trilyun per tahun. Hal ini disebabkan belum terkelolanya Zakat dengan baik, dan masih banyak Umat Islam yang lebih senang membayarkan zakatnya secara personal tanpa melalui BAZNAZ, serta kesadaran sebagian Umat Islam yang masih minim membayar zakat. Padahal Zakat adalah sarana untuk membersihkan harta dan jiwa, dan jangan lupa bahwa ada hak-hak orang lain pada harta yang kita miliki.
    Jika Potensi Zakat ini dapat dioptimalkan, maka Indonesia akan terbebas dari masyarakat miskin, karena dana Zakat ini dapat digunakan sebagai :
    • Jaminan Sosial: masyarakat miskin diberikan jaminan kesehatan untuk berobat atau mendapatkan pelayanan pendidikan.
    • Jaminan Keselamatan: dana zakat juga dipergunakan untuk membantu korban bencana alam, kebakaran, banjir dan lain-lain.
    • Jaminan Kesejahteraan dan Usaha: zakat memberi ruang harapan bagi masa depan terutama kelompok faqir miskin akan kesejahteraannya di hari tuanya. Karena Dana Zakat dapat dijadikan sebagai salah satu sumber dana untuk membangun Usaha kecil bagi masyarakat kurang mampu.

    2. RAMADAHAN DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MANUSIA

    Ramadhan dapat meningkatkan kualitas kesehatan manusia hanya dengan 30 hari, Lebih cepat dan lebih murah dari terapi kesehatan manapun didunia. Hal ini telah dibuktikan oleh lebih dari 1000 penelitian tentang Pengaruh Aktivitas Ramadhan, khususnya pengaruh puasa ramadhan terhadap kesehatan seseorang.

    3. RAMADHAN DAPAT MENGUATKAN PERSATUAN DAN MENJALIN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

    Hanya Ramadhan Yang mampu membuat para pedagang makanan dengan rela menutup dagangannya di siang hari selama Ramadhan,hal ini jauh lebih efektif daripada himbauan Pemkot atau pemda dengan menurunkan SATPOL PP kelapangan. Ramadhan juga mampu meningkatkan kesadaran berbagi terhadap masyarakat, yang dizaman serba materialis (mengacu pada harta benda) dan hedonis (acuh tak acuh) saat ini cenderung lebih mementingkan diri sendiri.  Ini terlihat dari semakin meningkatnya infaq dan shadaqah secara signifikant di bulan Ramadhan, jauh lebih besar dibanding bulan yang lain.

    4. RAMADHAN DAPAT MENGHILANGKAN KECANDUAN ROKOK DAN NARKOBA

    Tentu kita sangat terkejut dengan sebuah fakta yang menyebutkan bahwa Rokok dan narkoba telah membunuh lebih dari 1 milyar orang dalam kurun 100 tahun terakhir, dan tentu ini harus menjadi bahan perhatian bagi kita semua. Ternyata Puasa dapat dijadikan sebagai sarana Rehabilitasi Untuk Pecandu Rokok dan Narkoba. Karena Puasa tidak hanya berfungsi sebagai terapi dan latihan untuk membuat pecandu rokok dan narkoba menahan diri dari mengkonsumsi rokok dan narkoba, namun lebih dari itu, puasa dapat mengeluarkan racun dan zat candu yang ada di dalam tubuh selama kita berpuasa melalui urin (air kencing) keringat dan pernafasan. Jika kita memiliki kemauan yang kuat dan ingin terbebas dari rokok dan narkoba, maka puasa ramadhan dapat dijadikan alternatif terapi.  Adapun Kegiatan yang harus dilakukan dalam terapi ini agar hasil yang diperoleh maksimal antara lain:
    • Menjaga Sholat fardhu (sholat wajib 5 waktu)
    • Berpuasa
    • Melaksanakan Sholat tarawih
    • Tadarrus Al-Qur'an (minimal 1 juz per hari)
    • Melaksanakan I'tiqaf (10 hari terakhir di bulan Ramadhan)

    Dengan banyaknya ibadah ramadhan yang dilakukan akan membuat pasien sibuk dengan aktivitas positif tersebut, yang akan membantunya mengurangi bahkan menghilangkan ketergantungannya terhadap rokok dan narkoba. Jika dilakukan secara konsisten selama 30 hari, ramadhan Insya Allah dapat menggaransi terbebasnya seseorang dari kecanduan Rokok dan Narkoba.Yang penting ada kemauan yang kuat untuk berubah.

    5. RAMADHAN DAPAT MENUNDUKKAN EGO MANUSIA

    Hanya Ramadhan yang mampu membangkitkan 2 milyar manusia di malam hari untuk bersahur, bahkan pada kondisi mengantuk sekalipun, bahkan Jumlah ini jauh lebih besar daripada Jumlah Penonton Pertandingan Final Piala dunia yang disiarkan live di malam hari. Hanya Ramadhan yang mampu mememerintahkan 2 milyar umat manusia untuk tidak makan di siang hari selama 30 hari, jumlah ini jauh lebih besar daripada jumlah peserta Earth hour (Pemadaman listrik secara sukarela selama 1 jam secara serentak selama 60 hari)yang diikuti oleh seluruh negara di dunia.


    Sumber :
    • Dr. Miftahur Rahman El Banjary. 2013. Ternyata Indonesia memiliki Potensi Zakat terbesar di dunia (Kompasiana)
    • Anonim.  Earth hour. (wikipedia)
    • Anonim. Jurus Puasa Sikat Narkoba (www.gusmus.net)

    Type Your Comment Here

    FACEBOOK: Comments
    BLOGGER: 0 Comments

    No comments:

    Post a Comment

    Copyright © Al-Hakim Entrepreneurship

    Promoted Link: MP3 Nasyid Sponsored By: MP3 Melayu Template By: Habib