• Sunday 7 June 2015

    CARA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR

    Terkadang, kita pernah berada pada kondisi yang gak bersemangat dalam belajar, malas. Lihat buku bikin mata tinggal 1 waat dan mengantuk

    kini telah ditemukan resep yang pas buat kamu yang ingin mendapatkan kembali semangat belajar yang prima.. apa saja resepnya ???
     
    Cara untuk meningkatkan motivasi diri agar semangat belajar adalah:
    1. Berteman dengan orang yang rajin dan senang belajar
      pintar itu menular... klw berteman dengan orang yang pintar, insya Allah menular jadi pintar..hehehe.. seperti pepatah mengatakan, jika berteman dengan pedagang minyak wangi akan kecipratan wanginya, begitu pula sebaliknya, jika berteman dengan pandai besi, maka akan kecipratan apinya... bener begitu ???
      jika Bergaul dengan orang yang senang belajar, kita juga akan tertular untuk senang belajar. Ini dikarenakan stimulus-stimulus yang dibawa oleh orang yang senang belajar mempengaruhi psikologis kita sebagai orang yang orang yang dipengaruhi.. 
      maka mulai saat ini.. jika kamu pengen sukses.. mulai dech untuk cari temen yang senang belajar... itu!!!

    2. Berteman dengan orang yang berprestasi
      Sama halnya bertemanl dengan orang yang senang belajar dan orang yang rajin belajar, kita akan turut menyenangi dan bersemangat untuk belajar. Orang yang berprestasi akan menjadi sebuah pandangan atau tantangan bagi kita agar kita optimis bisa melebihi prestasi orang tersebut. Pasti akan muncul dalam pikiran kita “Dia bisa berprestasi, aku juga pasti bisa”.. kan sama-sama makan nasi....kecuali dia makan besi..hehe
    3. Membuat sebuah reward atau hukuman
      Dengan adanya reward atau hukuman akan memicu motivasi kita agar tidak gagal atau lalai dalam belajar. Ini mungkin sedikit memaksa dan bersifat sementara tetapi ini juga bisa membangkitkan motivasi kita untuk belajar. tapi hukuman nya jangan terlalu berat, dan yang wajar ya... reward nya juga yang normal aja... jangan pula minta dibeliin mobil karena dapet ranking 1... atau minta jalan-jalan ke eropa.. itu gak wajar guys
    4. Menonton film motivasi atau membaca novel motivasi
      Membaca novel atau menonton film yang membuat kita termotivasi akan merangsang kerja pikir otak kita. Misal, membaca novel Laskar Pelangi atau menonton film 3 Idiot.  makin encer dan bersemangat tuch otak kita
    5. Menanamkan kemauan atau niat yang tinggi untuk belajar
      Jika di awal kita sudah mempunyai kemauan dan niatan yang tinggi maka kita akan menjalankan segala hal yang membuat kita senang belajar. Nach disini kita butuh komitmen dan prioritas.. untuk latihan awal bisa dengan membuat jadwal belajar untuk tiap harinya.. dari bangun tidur sampai mau tidur.. 
      Para sniper (jagoan kelas) yang dapet ranking 1-3 rata-rata belajarnya 3-4 jam sehari lo.. kalau kamu pengen mengalahkan mereka, jam belajar kamu harus lebih dari itu.. tapi tetep harus tidur juga ya..
    6. Menempelkan kata kata motivasi di dinding kamar 
      Memang ini agak sepele sih tapi jika kata kata motivasi yang tertempel itu kita lihat terus dan menjadikan kata kata itu sebuah motivasi untuk tiap harinya.

      Cara cara meningkatkan motivasi belajar tiap orang tentunya berbeda. Dan penjelasan di atas merupakan sebagian kecil dari cara cara meningkatkan gairah untuk belajar. Ingat!! Belajar itu bukan hanya  belajar tentang pelajaran atau mata kuliah yang ada dalam sekolah formal saja tetapi belajar bisa dimana saja, kapan saja dan banyak sekali aplikasinya.

      ingat !!!
      mulai berhenti belajar merupakan tanda-tanda memasuki jurang kebodohan...
      malas pangkal bodoh...ujungnya adalah kemiskinan waspadalah!!!! 

      wajah jelek akan termaafkan dengan segudang prestasi dan keberhasilan..
      so..bagi temen-temen yang masih jomblo... carilah ilmu dan kesuksesan, 
      maka yang lain bakal ikut mengejar kamu...itu!!!!

    Type Your Comment Here

    FACEBOOK: Comments
    BLOGGER: 0 Comments

    No comments:

    Post a Comment

    Copyright © Al-Hakim Entrepreneurship

    Promoted Link: MP3 Nasyid Sponsored By: MP3 Melayu Template By: Habib